8 Penyebab Hernia yang Perlu Anda Ketahui





Mendengar kata Hernia tentu orang akan berpikir apa penyebab hernia, dan bagaimana cara mengobatinya. Namun sebelum membahas masalah penyebab hernia, sebaiknya jika membahas apa itu penyakit hernia. Hernia sendiri adalah suatu penyakit yang dapat mengakibatkan salah satu organ atau bagian tubuh berpidah dari posisi semula ke bagian lainnya, penyebab hernia tersebut juga cukup beragam.

Pada awalnya kondisi seperti ini tidak akan terlalu sakit. Rasa sakit terbebut akan semakin terasa ketika terjaid iritasi, atau terjadi penyumbatan di pembuluh darah. Adapun beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan seseorang terkena hernia adalah :

Ketika sedang hamil

Seorang wanita yang sedang hamil dapat mengalami Hernia, hal tersebut dikarenakan bagian perut mengalami tekanan yang cukup berat seiring dengan tumbuh kembang janin yang ada di dalam perut ibu.

Ketika sedang batuk

Seseorang yang mempunyai penyakit saluran pernafasan akibat virus seperti TBC, rokok, dll, juga dapat mengalami hernia. Ketika seseorang batuk, tentunya akan sering menekan abdomen bagian bawah, itu alasannya mengapa seseorang dapat mengalami hernia ketika sedang batuk. Untuk mengatasinya mudah saja, Anda harus mengobati batuk terlebh dahulu.

Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan seseorang terkena hernia. Hal tersebut terjadi karena tekanan lemak yang terlalu tinggi pada bagian perut, sehingga perut bagian bawah keluar, atau berada tidak apda tempatnya.

Jenis kelamin tertentu

Hernia juga dapat terjadi pada kaun wanita, akan tetapi kasus seperti ini sangat jarang jika dibandingkan dengan kaum pria.

Terlalu sering mengangkat beban berat

Terlalu sering mengangkat beban berat juga dapat menyebabkan seseorang terkena hernia. Hal ini terjadi karena seringnya tubuh bagian bawah mengalami penekanan tertentu. Kurang berolahraga juga dapat membuat seseorang mudah terkena hernia, karena beberapa otot perut bagian bawah lemah, dan tidak sanggup menahan beban atau tekanan tertentu.

Bayi yang lahir secara premature

Bayi lahir prematur biasnya mempunyai salah satu organ tubuh yang tidak sempurna. Tidak menutup kemungkinan itu termasuk ke dalam tidak menutup secara sempurna bagian procesus vaginalis ketika testis turun. Sehingga seorang anak yang baru lahir dapat mengidap penyakit hernia.

Genetik

Penyakit ini ternyata dapat diturunkan. Ketika seorang ayah mempunyai penyakit hernia, maka penyakit ini akan ditutunkan pada anak lelakinya, tidak pada anak lainnya. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya Anda rajin berolahraga dan melatih kesehatan otot, agar tidak terkena penyakit ini.

Sembelit

Ketika seseorang sulit buang air besar, ada baiknya unutk segera mengatasi kondisi ini. Jika dibiarkan akan mengakibatkan komplikasi. Ada beberapa penyakit yang terjadi akibat sulit buang air besar ini, seperti wasir, dan juga hernia. Ketika seseorang mengalami sembelit, maka tubuh akan secara otomatis akan mendorong, feses untuk keluar. Ketika penekanan ini terjadi secara keras dan berulang-ulang maka secara tidak langsung akan membuat posisi usus keluar dari tempatnya berada.

Penyakit hernia ini memang bukan termasuk penyakit yang mematikan, akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda berhati-hati dengan penyakit ini. JIka Anda mempunyai beebrapa gejaya yang ada hubungannya dengan penyakit ini segera lakukan cek ke dokter terdekat, dan melakukan pengobatan dengan baik.

Jika penyakit ini tidak dapat diobati seara obat, bahkan lebih parah, maka hanya ada 1 cara yaitu dengan melakukan tindakan operasi, yang bertujuan mengembalikan posisi salah satu organ yang tidak pada tempatnya ke tempatnya semula. Demikianlah ulasan mengenai beberapa penyebab hernia, yang perlu Anda ketahui.

Related Posts
Previous
« Prev Post