Mencegah Tulang Keropos Dengan Kopi - Seoul, Penggemar kopi tentu sepakat jika minuman tersebut adalah penambah semangat serta pencegah kantuk. Namun ternyata kopi juga bermanfaat untuk mencegah pengeroposan tulang / biasa disebut osteoporosis.

Satu penelitian yang dilakukan Seoul National University Hospital mengungkap bahwa mengonsumsi dua muk kopi dalam sehari bisa mengurangi risiko osteoporosis secara signifikan, terutama pada wanita.

Kebetulan peneliti hanya berbuat pengamatan terhadap wanita menopause yang sering memperlihatkan pokok pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Penelitian dilakukan terhadap 4. 066 wanita yang telah memasuki masa menopause pada Korea Selatan. Masing-masing dari mereka menjalani pemeriksaan kerapatan tulang secara berkala sejak tahun 2008 hingga 2011.

Menariknya, mereka yang hanya minum kopi kurang dari satu cangkir dalam sehari sudah biasa mengalami penurunan risiko osteoporosis sebesar 21 persen. Lagi pula yang sampai minum dua cangkir sehari, penurunan risikonya mencapai 36 persen.

Berbeda dengan partisipan yang hanya sewajarnya meminum satu cangkir kopi dalam sehari mengalami penurunan risiko tulang keropos sejumlah 33 persen. Itu mempunyai, mengonsumsi sedikit kopi aja sudah memberikan manfaat terlihat bagi kesehatan tulang perempuan, yang memang lebih peka terserang osteoporosis ketimbang laki-laki.

Namun peneliti mengingatkan, tindasan hanya akan menyebabkan mudharat bila dikonsumsi secara musykil sebab dapat menghilangkan zat-zat penting dalam tubuh diantaranya kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

"Jadi minum kopi sebenarnya siap meningkatkan kesehatan tulang wanita, asalkan tidak minum terlalu banyak, " simpul kepala tim peneliti, Dr Park Sang Min seperti dikutip dari The Korean Herald, Jumat (26/2/2016).

Senada beserta Dr Sang Min, dr Rahyussalim, SpOT(K)Spine dari RS Cipto Mangunkusumo juga menegur kopi memang dapat menyulut tulang keropos, walaupun dengan tidak langsung.

"Salah satunya, terlalu banyak minum salinan akan menyebabkan gangguan di dalam pembuluh darah. Bisa sekadar yang terganggu adalah pembuluh darah di tulang tamat, jadi jelas akan membangkitkan rasa sakit, " jelasnya kepada detikHealth beberapa ruang lalu.

Related Posts
Previous
« Prev Post